Sabtu, 26 Desember 2015

FUNGSI INSERT PADA MICROSOFT EXCEL 2007

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007

 Tab Insert, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tab tersebut terbagi menjadi 7 group yaitu: Pages, Tables, IllustrationdLinks, Header dan Footer, Text dan Symbols. dan didalam group-group tersebut terdapat juga icon-icon yang bisa kita gunakan untuk mempermudah dalam pembuatan sebuah dokumen yang akan kita kerjakan nantinya.

Untuk mempermudah pemahaman kita tentang fungsi dari tab insert, pada kesempatan kali ini, saya coba uraikan fungsi dari icon-icon yang ada di tab insert. Untuk penjelasan dari masing-masing icon tersebut sebagai berikut:

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
Gambar tab insert microsoft word 2007

1. Fungsi Icon-icon di Group Pages.

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
gambar group pages
  1. Cover page: Berfungsi untuk mengganti cover halaman micrososft word. Contohnya secara defoult halaman sampul microsoft word hanya polos, Nah untuk mengganti halaman sampul dengan tampilan yang ilegan, kita dapat menggunakan fasilitas cover page.
  2. Blank Page: Berfungsi untuk membuat halaman kosong baru. Jika kita membuat halaman kerja, secara defoult kita hanya punya 1 halaman. Dan jika kita ingin membuat dan menambahkan halaman kosong dapat memanfaatkan blank page.
  3. Page Break: Berfungsi untuk memisahkan paragraf dengan halaman berbeda. hampir sama dengan dengan blank page, bedanya dengan page break adalah kita dapat memisahkan pragraf dengan halaman yang berbeda.

2. Fungsi icon di Group Tables.


Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
Gambar group Tables
  1. Tables: Digunakan untuk membuat dan menambahkanya table di halaman kerja. contohnya jika kita ingin membuat sebuah laporan dan membutuhkan kolom-kolom, kita dapat membuatnya melalui icon tables. dan untuk batasan kolom secara defoult hanya 10 kali 8, bagaimana jika ingin menambahkan jumlah kolom yang lebih banyak? Kita dapat mengaturnya melalui "inser table". melalui inser table kita dapat menambahkan jumlah kolom yang kita inginkan.

3. Fungsi icon-icon di Group Illustrations.

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
Gambar group illustrations

  1. Picture: di gunakan untuk menambahkan atau menyisipkan file gambar. Untuk menambahkan file gambar dihalaman kerja microsoft word, kita dapat menambahkan gambar melalui menu gambar dan kita akan diarahkan ke file komputer untuk memilih gambar.
  2. Clip Art: Berfungsi untuk menyisipkan gambar dari folder clip art (yang tersedia di library program).
  3. Shapes:di gunakan untuk menambahkan gambar seperti: line,basic shapes, block arrows, Flowchart, callouts, start dan barnner.
  4. SmartArt: di gunakan untuk menambahkan icon list, procces, Cyde, Hierarchy, Relationship, matrix, Pyramid menggunakan graphic.
  5. Chart: digunakan untuk menambahkan grafik column, line, pie, bar, area, x y (scatter), stock, surface, doughnut, bubble, dan radar.

4. Fungsi icon-icon di Group Links.

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
gambar group links
  1. Hyperlink: di gunakan untuk menambahkan url website. sebagi contoh jika kita ingin menambahkan alamat website di salah satu teks yang kita inginkan kita bisa menambahkanya melalui menu hyperlink.
  2. Bookmark: berfungsi untuk membuat halaman favorit.
  3. Cross-reference: di gunakan untuk membuat halaman refensi atau rujukan.

5. Fungsi icon-icon di Group Header dan Footer.

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
Gambar group header dan footer
  1. Header: di gunakan untuk membuat header di halaman kerja atas. contohnya jika kita ingin menambahkan judul atau nama perusahaan di kepala dokumen, sahabat dapat memanfaatkan menu header.
  2. Footer: di gunakan untuk membuat fotter. hampir sama dengan menu header, bedanya terletak di bawah halaman dokumen.
  3. Page Number: di gunakan untuk membuat nomor di header dan footer halaman kerja.

6. Fungsi icon-icon di Group Text.

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
Gambar group text
  1. Text Box: di gunakan untuk menbuat teks di dalam kotak. Untuk dapat menambahkan teks di dalam kotak tentu di dalam halaman, kita bisa membuatnya melalui menu text box.
  2. Quick Parts: digunakan untuk mengatur teks secara otomatis.
  3. WordArt: Digunakan untuk mengubah teks dengan gaya yang ingin kita gunakan sebagai contoh, jika kita ingin mengubah teks dengan gaya 3 dimensi dapat menggunakan menu quick parts.
  4. DropCap: sering di gunakan untuk memperbesar huruf di awal paragraf dengan berbagai gaya teks.
  5. Signature Line: di gunakan untuk membuat tanda tangan dan nama.
  6. Date dan Time: digunakan untuk menambahkan tanggal dan waktu di halaman kerja.
  7. Object: Di gunakan untuk menambahkan file di halaman kerja contohnya file pdf.

7. Fungsi icon-icon di Group Symbols.

Fungsi Tab Insert Pada Microsoft Word 2007
gambar symbols

  1. Equation: digunakan untuk menambahkan simbol-simbol persamaan yang sering digunakan untuk matematika.
  2. Symbol: digunakan untuk menambah kan simbol-simbol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar